Nama :
Nim :
Prodi :
Nama
Alat Peraga :
Daun Gabus Penjumlahan
Kelas
/ Semester :
Kompetensi dasar
( KD ) : Penjumlahan bilangan Negatif dan Positif
II.
Tujuan Alat Peraga
:
Untuk meningkatkan semangat kemauan
belajar siswa, untuk menghilangkan kejenuhan kebosanan, dan juga memudahkan
siswa membedakan dan menjumlahkan bilangan Negatif dan Positif.
III.
Alat dan Bahan
:
1. Satu lembar gabus Styrofoam
2. Satu alat penggaris
3. Satu gunting
4. Satu lakban timbal balik
5. Satu lakban hitam
6. Satu pisau pemotong
7. Satu pensil
8. Kertas karton warna putih
9. Satu kertas kado
10. Sebuah kardus kotak sepatu
IV.
Cara Pembuatan
:
1. Mengukur gabus sesuai yang di inginkan yang
berbentuk daun talas sebanyak yang dibutuhkan
2. Menggaris gabus yang sudah diukur
3. Memotong gabus tersebut dengan pisau penggaris
4. Memotong gabus yang yang sudah dibentuk seperti daun
talas menjadi dua bagian. Bagian atas melambangkan bilangan positif dan bagian
bawah melambangkan bilangan negatif
5. Menggunakan lakban timbal balik pada daun bagian
atas dan bawah untuk memperagakan
6. Menghias kardus kotak sepatu yang digunakan untuk
penyimpanan daun dengan kertas kado dan satu bagian menggunakan kertas karton
bewarna putih untuk bingkai digunakan lakban hitam sebagai papan untuk
memperagakannya
V.
Cara Penggunaan
:
Mengambil daun dua bagian, bagian atas
yang melangbangkan bilangan positif dan bagian bawah yang melambangkan bilangan
negatif. Jika potongan daun disatukan yang utuh bernilai nol jika potongan daun
yang tersisa potongan bagian atas hasilnya bernilai positif jika potongan daun
yang tersisa potongan bagian bawah maka hasilnya negatif.
Contoh : 5 + ( -2 ) =
Mengambil 5 potongan daun bagian atas
yang melambangkan positif 5
Mengambil 2 potongan daun bagian bawah
yang melambangkan negatif ( -2 )
Satukan potongan daun tersebut jika
potongan tidak mendapatkan pasangan merupakan hasilnya.
0 Komentar untuk "Desain Alat Peraga Matematika"