Desain Alat Peraga Matematika

desain alat peraga matematika

I.         Identitas Penyusun  :
Nama                             :  
Nim                                :  
Prodi                              :  

Nama Alat Peraga                     :  Daun Gabus Penjumlahan
Kelas / Semester                        :  
Kompetensi dasar ( KD )          :  Penjumlahan bilangan Negatif dan Positif
II.       Tujuan Alat Peraga  :
Untuk meningkatkan semangat kemauan belajar siswa, untuk menghilangkan kejenuhan kebosanan, dan juga memudahkan siswa membedakan dan menjumlahkan bilangan Negatif dan Positif.
III.    Alat dan Bahan  :
1.      Satu lembar gabus Styrofoam
2.      Satu alat penggaris
3.      Satu gunting
4.      Satu lakban timbal balik
5.      Satu lakban hitam
6.      Satu pisau pemotong
7.      Satu pensil
8.      Kertas karton warna putih
9.      Satu kertas kado
10.  Sebuah kardus kotak sepatu
IV.    Cara Pembuatan  :
1.      Mengukur gabus sesuai yang di inginkan yang berbentuk daun talas sebanyak yang dibutuhkan
2.      Menggaris gabus yang sudah diukur
3.      Memotong gabus tersebut dengan pisau penggaris
4.      Memotong gabus yang yang sudah dibentuk seperti daun talas menjadi dua bagian. Bagian atas melambangkan bilangan positif dan bagian bawah melambangkan bilangan negatif
5.      Menggunakan lakban timbal balik pada daun bagian atas dan bawah untuk memperagakan
6.      Menghias kardus kotak sepatu yang digunakan untuk penyimpanan daun dengan kertas kado dan satu bagian menggunakan kertas karton bewarna putih untuk bingkai digunakan lakban hitam sebagai papan untuk memperagakannya
V.       Cara Penggunaan  :
Mengambil daun dua bagian, bagian atas yang melangbangkan bilangan positif dan bagian bawah yang melambangkan bilangan negatif. Jika potongan daun disatukan yang utuh bernilai nol jika potongan daun yang tersisa potongan bagian atas hasilnya bernilai positif jika potongan daun yang tersisa potongan bagian bawah maka hasilnya negatif.
Contoh : 5 + ( -2 ) =
Mengambil 5 potongan daun bagian atas yang melambangkan positif 5
Mengambil 2 potongan daun bagian bawah yang melambangkan negatif ( -2 )
Satukan potongan daun tersebut jika potongan tidak mendapatkan pasangan merupakan hasilnya.


0 Komentar untuk "Desain Alat Peraga Matematika"

Back To Top